Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bauran Pemasaran Adalah

Bauran Pemasaran adalahDalam bisnis kita ketahui kalau mempunyai strategi yang pas dalam setiap aspeknya sangat menolong buat meningkatkan bisnis kita. Mempunyai persiapan dengan membuat strategi yang matang tentu merupakan kunci kesuksesan yang akan diterima oleh orang ataupun industri. Kamu sudah mendengar banyak tata cara serta strategi- strategi yang terdapat dalam pemasaran bisnis. 

Kali ini admin blog risetpasar.id akan mengajak Kamu untuk paham satu lagi strategi pemasaran yang mendasar, yang telah terdapat semenjak tahun 1960 yang senantiasa digunakan sampai saat ini yaitu Bauran Pemasaran ataupun Marketing Mix. Secara pendek, penafsiran bauran pemasaran merupakan strategi yang berfokus pada sasaran penjualan dari bisnis Kamu. Strategi ini dicoba dengan mencampurkan tiap aspek yang membangun bisnis, supaya sasaran penjualan bisnis Kamu bisa tercapai.

Walaupun teori ini telah lama dikembangkan, tetapi perkembangannya tidak berhenti melainkan terus tumbuh sampai dikala ini. Konsep yang digunakan dalam strategi ini juga tumbuh serta meningkat beberapa poin. Dari yang awal mulanya cuma 4 poin, saat ini jadi 7 poin. Pasti saja pertumbuhan ini terjalin bersamaan pergantian zaman serta pergantian perilaku pasar, sejak dahulu sampai saat ini. 

Terlebih dengan pesatnya pertumbuhan teknologi digital saat ini, pasti sangat pengaruhi gimana strategi dibuat serta aspek yang lain yang jadi pilar dalam membangun bisnis. Oleh sebab itu tanpa berlama- lama lagi, ayo kita perhatikan uraian berikut supaya kita bisa paham lebih dalam menimpa Bauran Pemasaran ataupun Marketing Mix.

Bauran Pemasaran adalah kombinasi dari berbagai faktor yang dapat dikontrol oleh individu atau perusahaan untuk mempengaruhi para pelanggan atau konsumen dalam melakukan pembelian barang atau pemakaian jasa yang ditawarkan. Lebih jauh strategi ini bertujuan untuk membantu individu atau perusahaan yang memiliki bisnis untuk mencapai target penjualan mereka. 

Target penjualan yang dicapai dalam bisnis tentu tidak hanya dari jumlah keuntungan yang didapatkan saja, tetapi juga dalam hal kepuasan pelanggan, kesesuaian dan benefit produk yang Anda jual, efisiensi promosi yang dilakukan dan yang lainnya. Bauran pemasaran pertama kali di kembangkan oleh seorang profesor dan penulis buku marketing asal Amerika yakni E. Jerome McCarthy.

Dalam bukunya, beliau menyatakan ada 4 konsep dari bauran pemasaran yang penting untuk dilakukan oleh seorang marketer. Konsep tersebut ialah product, price, place, dan promotion. Keempat konsep ini biasa disebut sebagai 4P. Lalu dalam perjalanannya, konsep ini dikembangkan menjadi konsep 7P oleh Booms dan Bitner. 

Hal ini dikarenakan keduanya melihat bahwa konsep 4P sebelumnya lebih mengukur produk yang memiliki wujud, namun dengan perkembangan saat ini ke arah digital di mana produk ada yang tidak memiliki wujud seperti produk jasa. Oleh karena itu Booms dan Bitner menambahkan tiga konsep menjadi 7P yaitu people, process dan physical evidence. Ketujuh konsep ini akan dijelaskan pada poin berikutnya.
https://www.risetpasar.id/2022/03/bauran-pemasaran-adalah.html

KONSEP BAURAN PEMASARAN

Berikut penjelasan mengenai ketujuh konsep bauran pemasaran atau marketing mix yang dapat Anda pelajari.

1. Product (Produk)

Produk adalah sesuatu yang dihasilkan dari proses produksi yang akhirnya akan ditawarkan kepada konsumen. Dari sisi produsen, produk barang dan jasa yang dibuat bertujuan untuk dapat terjual di pasaran. Namun lebih jauh, produk yang dihasilkan harus menjadi solusi atau jawaban dari masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Produk yang dibuat harus bisa memberikan manfaat bagi konsumen. 

Produk yang ada di pasaran saat ini terus mengalami perubahan karena adanya perubahan kebutuhan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu dalam membuat suatu produk barang dan jasa yang akan dijual, Anda harus terus memperhatikan kebutuhan dari target pasar Anda.

Hal ini dilakukan supaya nantinya produk yang ada dapat terus berkembang, tidak hanya cocok pada situasi tertentu saja. Selain itu dalam membuat suatu produk, Anda harus memperhatikan citra brand dan value produk seperti apa yang ingin Anda bawakan ke pasar. Terakhir tapi yang paling penting adalah mencari keunikan dari produk yang Anda jual dengan produk sejenis yang sudah tersebar di pasaran. Mencari keunikan dalam produk Anda sangat penting untuk meningkatkan daya saing barang atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Price (Harga)

Harga adalah nilai yang rela dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan suatu barang atau jasa. Menentukan harga produk juga tidak bisa sembarangan saja, perlu perhitungan modal seperti biaya produksi dari produk tersebut. Selanjutnya harga produk juga harus ditentukan berdasarkan daya beli dari target pasar Anda. 

Jika harga barang dan jasa yang Anda tawarkan melebihi kapasitas target pasar Anda, maka produk Anda tidak akan terjual, bukan? Untuk memastikan harga yang Anda tetapkan sesuai dengan kemampuan pasar, Anda juga bisa melihat kompetitor yang memiliki target dan produk yang sejenis. Dengan begitu harga yang nantinya ditetapkan tidak melebihi harga pasaran yang ada.

Kualitas dari produk Anda juga harus diperhitungkan agar tidak terjadi ketimpangan harga. Dalam menentukan harga akan lebih baik bagi Anda untuk mendiskusikannya dengan berbagai divisi dalam bisnis Anda, agar setiap opini yang masuk dapat menghasilkan harga yang sesuai dengan produk yang akan dijual. Intinya menetapkan harga melibatkan banyak faktor dari kualitas, target pasar, biaya produksi, hingga harga produk kompetitor dan yang paling penting apakah harga yang ditetapkan dapat mengembalikan dana yang sudah Anda keluarkan sebelumnya.

3. Place (Lokasi)

Lokasi yang dimaksudkan di sini ada dua, yakni lokasi bisnis Anda dan lokasi atau channel yang Anda gunakan untuk mendistribusikan produk. Penetapan lokasi yang strategis akan membantu Anda mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Strategis yang dimaksudkan adalah apakah tempat tersebut dilewati oleh banyak orang dari target pasar Anda. Lokasi perusahaan Anda seperti kantor pusat, kantor cabang, dan toko fisik perlu dipertimbangkan penempatannya. 

Dengan perkembangan era digital yang ada saat ini, penempatan lokasi dari bisnis Anda tidak terbatas hanya pada tempat fisik, akan tetapi juga termasuk dunia maya yakni internet.

Apalagi dengan pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya, maka penggunaan internet untuk tujuan pemasaran produk jasa atau barang Anda akan sangat efektif dan menjangkau lebih banyak lagi konsumen. 

Dalam internet banyak platform yang dapat Anda gunakan, baik melalui website, aplikasi, mesin pencari, dan social media. Setiap platform yang Anda gunakan memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu dipertimbangkan. Faktor yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda adalah target pasar, biaya, efisiensi, jangkauan dan produk yang Anda jual.

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah setiap usaha yang tim marketing Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran pasar dan tentunya meningkatkan penjualan produk Anda. Promosi yang dapat dilakukan beragam. Dari memasang iklan secara offline dan online, menggunakan jasa endorsement, membuat konten-konten menarik secara online, dll. Media offline yang dapat Anda gunakan seperti pembagian brosur, pemasangan iklan di jalan-jalan, serta mengandalkan tim sales Anda untuk melakukan penawaran dan melakukan follow-up. 

Media online yang dapat digunakan ada banyak macamnya seperti tulisan pada website dan blog, koran, majalah, radio, televisi, iklan digital, social media, video dan audio dalam podcast.

Promosi yang akan Anda gunakan untuk produk Anda juga bergantung pada faktor-faktor yang sama seperti sebelumnya. Dengan melakukan analisis terlebih dahulu terhadap setiap faktor yang ada, maka target yang telah ditetapkan tentu sangat mungkin untuk dicapai. Mempelajari digital marketing saat ini juga dapat membantu Anda untuk mempromosikan produk Anda. 

Seperti namanya, digital marketing adalah salah satu cara pemasaran melalui dunia digital dan dunia digital tidak terbatas pada satu platform saja tetapi semua platform yang ada di internet.

5. People (Orang)

Orang yang dimaksudkan di sini mengacu kepada bagaimana Anda atau perusahaan Anda mengelola sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam bisnis Anda. Jika SDM yang ada pada suatu perusahaan memiliki skil yang mumpuni, tenaga dan komitmen yang kuat serta memiliki karakter yang baik, tentu saja perusahaan Anda akan berkembang bahkan mengalami kemajuan yang signifikan. 

Namun apabila sebaliknya, SDM dengan skil yang rendah, karakter yang buruk dan memiliki mental yang mudah menyerah saat ada tantangan, tidak akan membawa perusahaan ke mana-mana.

Dampak negatif yang dibawa oleh proses rekrutmen yang buruk akan merugikan Anda baik secara finansial maupun kinerja dari perusahaan Anda. Jika hal ini terjadi tentu saja reputasi dari produk dan perusahaan Anda menjadi jelek di mata pelanggan. Oleh karena itu proses rekrutmen harus dilakukan dengan baik dan matang agar membawa keuntungan dan dampak positif lainnya bagi perusahaan Anda.

6. Process (Proses)

Proses adalah keseluruhan kegiatan yang Anda dan perusahaan Anda lakukan dari awal hingga akhir. Proses yang dimaksud tidak berhenti hanya dalam perusahaan Anda (seperti proses produksi) ,tetapi juga distribusi kepada konsumen (termasuk pengalaman mereka dengan produk dan pelayanan yang bisnis Anda berikan). 

Hal yang paling penting dalam proses adalah komitmen, value dan konsistensi yang Anda dan perusahaan miliki. Komitmen yang kuat akan berpengaruh kepada bagaimana Anda mengarahkan bisnis Anda, apakah semakin maju atau mundur.

Value yang perusahaan Anda pegang akan membantu Anda memutuskan keputusan-keputusan sulit yang ada di depan Anda. Konsistensi dari seluruh pekerja yang ada di dalam perusahaan Anda akan membantu perusahaan pada masa-masa yang sulit dan akan memberikan Anda hasil yang baik. 

Hal ini berarti kegagalan yang nantinya mungkin Anda alami tidak akan membuat Anda mundur atau berhenti, tetapi justru membuat Anda terus melangkah maju, bahkan Anda menggunakan setiap kegagalan sebagai batu loncatan untuk melompat lebih tinggi.

Demikian artikel ini yang membahas tentang” Bauran Pemasaran“ Semoga bermanfaat.