Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penjualan Online Untuk Pemula

Tips penjualan online untuk pemula (tips penjualan online laris) bisa dibilang gampang-gampang susah. Penjualan online tengah digandrungi banyak orang di Tanah Air.

Berjualan online saat ini memang sudah jadi tren dalam beberapa tahun terakhir sejak menjamurnya marketplace dan media sosial. Banyak pedagang yang sebelumnya hanya mengkamulkan toko fisik, kini juga terpaksa merintis toko online.
Tips Penjualan Online Untuk Pemula


Berjualan online sepertinya terlihat mudah, padahal sebenarnya berjualan online juga punya tantangannya tersendiri.

Tips Penjualan Online Untuk Pemula

Tips penjualan online laris untuk pemula Dibawah ini 9 tips sukses tips penjualan online untuk pemula atau tips penjualan online laris sebagaimana dilansir dari Bob Vila.

1. Tetapkan harga yang wajar

Tips penjualan online untuk pemula pertama yang sangat riskan adalah terkait harga produk. Penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Kamu terjual tepat waktu.

Strategi paling mudah menentukan harga, tentu dengan melihat pesaing. Jika ingin cepat terjual, Kamu bisa menggunakan strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan.

Selain itu, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Kamu item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa.

2. Ambil foto berkualitas tinggi

Tips penjualan online untuk pemula atau tips penjualan online laris kedua yakni terkait foto produk. Sediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan membiarkan mereka melihat seperti apa barang itu sebenarnya.

Jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping dan usahakan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada produk itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi calon pembeli.

Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan barang di depan jendela yang cerah atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. Meskipun mengambil foto di ponsel saat ini terbilang sudah cukup canggih.

3. Memberikan deskripsi rinci


Berpenjualan apa pun di online, baik marketplace, media sosial, maupun situs, harus memperhatikan deskripsi lengkap. Tips penjualan online untuk pemula yakni menawarkan sebanyak mungkin detail tentang produk sehingga bisa menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli.

Pastikan untuk menyertakan detail lengkap seperti tentang merek, pabrikan, dan nomor model. Berikan pula informasi yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat apabila memang ada. Jujurlah saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya. 4. Pastikan untuk menyertakan tag pencarian

Tips penjualan online untuk pemula dibawahnya yang harus diperhatikan adalah terkait kata kunci yang bisa jadi tag dalam pencarian.

Dalam marketplace, biasanya juga menyediakan fitur tagging untuk semakin memudahkan pencarian produk, termasuk membaginya dalam kategori barang.

4. Menanggapi pertanyaan dengan cepat

Tips penjualan online untuk pemula tentu harus siap siaga menjawab pertanyaan calon pembeli. Transaksi di media sosial maupun marketplave cenderung bergerak cepat, jadi penting untuk memantau pesan masuk setiap saat.

Jika Kamu tidak menanggapi pertanyaan dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain. 6. Buka opsi menawar Tak bisa dipungkiri, banyak pembeli menyukai untuk menawar barang.

Penpenjualan online rupanya tak bisa membatasi perilaku tersebut. Sudah umum bagi calon pembeli untuk menawar sedikit di plaform jual beli online. Sebagai tips tips penjualan online untuk pemula, Kamu bisa bersikap fleksibel dan menerima penawaran yang masuk akal apabila harga yang ditawar dirasa masih menguntungkan.

7. Gratis ongkir

Gratis pengiriman atau ongkir tentu jadi daya tarik tersendiri. Buat penawaran gratis ongkir apabila pembeli mau membeli dengan minimal pembelian tertentu. Strategi ini cukup manjur sebagai salah satu tips penjualan online laris.

Nah saat ini, sudah banyak marketplace yang menyediakan fitur gratis ongkir. Kamu bisa mengaktivkan fitur tersebut untuk meningkatkan penpenjualan .

8. Bersikaplah realistis dan sabar

Banyak yang terjun ke bisnis online namun kemudian tutup karena kurangnya kesabaran. Bersabarlah, dan pertimbangkan untuk menurunkan harga produk setelah satu atau dua minggu jika pembeli belum juga datang. Selain memberikan diskon, perbarui setiap 2 minggu untuk hasil terbaik seperti mengubah foto produk apabila masih kurang menarik.

9. Ketahui batasan platform

Tips penjualan online untuk pemula terakhir yakni ketahui aturan pada marketplace atau platform media sosial. Item tertentu dilarang di Facebook maupun marketplace, dan ada baiknya untuk memeriksa pedoman platform sebelum memposting produk.

Beberapa produk yang dilarang seperti alkohol, narkoba, produk palsu, kosmetik tak berizin, senjata, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa tips sukses tips penjualan online untuk pemula yang bisa dipraktikan untuk menggenjot penpenjualan di awal (tips penjualan online laris).