Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula. Bisnis atau jualan online kini sangat diminati oleh masyarakat. Tidak sedikit masyarakat dari kalangan manapun ingin memulai bisnis online. Hal ini dikarenakan melihat prospek yang bagus dengan menggaet calon pembeli dari manapun. Untuk itu, perlu anda pelajari terlebih dahulu bagaimana Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula.

Perlu diketahui, semakin banyak persaingan, maka pemula juga dituntut untuk lebih kreatif ketika memulai jualan online. Tidak ada yang tidak mungkin meskipun baru memulai namun sudah bisa mendapatkan omset yang diinginkan.
Sebelum terjun ke dunia bisnis online, Anda sebagai pemula ada baiknya untuk mempelajari dulu kiat-kiatnya agar bisa menyesuaikan market dan target.

Tenang saja, pada kesempatan ini blog risetpasar.id akan merangkum beberapa Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula yang bisa anda terapkan.
Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula

Berikut ini adalah Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula:
  1. Persiapkan mental sebelum memulai bisnis online
  2. Menentukan produk apa yang ingin dijual
  3. Menyusun rencana bisnis dengan baik
  4. Menentukan supplier, lebih murah lebih baik
  5. Menentukan harga jual produk
  6. Mencari lokasi jualan
  7. Melakukan promosi produk jualan sesering mungkin
  8. Mengelola arus kas keuangan
  9. Melakukan evaluasi serta mengkaji ulang strategi jualan
  10. Tetap semangat
Yuk simak penjelasannya Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula bagaimana caranya! 

1. Persiapkan mental sebelum memulai bisnis online

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula Pertama kali yang harus dipersiapkan oleh pemula untuk memulai jualan online adalah mental yang kuat. Mengingat persaingan yang begitu banyak, serta kemungkinan bisnis harus gulung tikar ketika kalah bersaing.

Jika Anda sebelumnya belum pernah berjualan online, hal ini tentunya menjadi tantangan yang harus dihadapi. Di awal-awal membangun bisnis, Anda akan menemukan kondisi ketika produk belum dilirik oleh konsumen hingga di bulan-bulan pertama tidak mendapat pemasukan sebagaimana yang diinginkan.

Hal tersebut wajar terjadi untuk semua orang yang merintis bisnis online maupun offline. Untuk itu mental kuat harus dimiliki oleh setiap pembisnis agar saat menemui kondisi tersebut, Anda tidak patah semangat.

2. Menentukan produk apa yang ingin dijual

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula yang kedua adalah Menentukan produk yang ingin dijual bisa mulai dari apa yang Anda gemari atau kuasai. Atau dengan melihat kebutuhan masyarakat saat ini.

Tidak sedikit juga orang memulai jualan online dengan merujuk pada sesuatu yang sedang viral. Terkait hal tersebut, itu merupakan pilihan masing-masing orang.

Jika mengalami kesulitan untuk menentukannya, amati produk yang sudah lebih dulu dijual oleh orang lain, lalu lakukan modifikasi dan inovasi supaya produk anda dan papa memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri.

3. Menyusun rencana bisnis dengan baik

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya yang bisa dilakukan ialah menyusun rencana bisnis yang akan dijalankan. Termasuk Di dalamnya menentukan nama toko, produk apa yang ingin dijual, berapa harga yang diterapkan.

Terlihat sepele untuk nama toko, tapi justru itulah yang menentukan ketertarikan konsumen dengan produk yang dijual.

Jangan lupa juga untuk menentukan bagaimana cara menjual produk tersebut, apakah langsung diiklankan ke sosial media atau perantara kerabat terdekat dulu untuk mendapatkan testimoni yang bisa dijadikan iklan

4. Menentukan supplier, lebih murah lebih baik

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya yaitu menentukan supplier. Carilah supplier yang memberikan harga murah, karena Anda nantinya akan mengambil dalam jumlah yang banyak.

Perlu anda ingat, Jangan hanya memiliki satu supplier saja, mengantisipasi jika barang yang Anda cari tidak ada, maka Anda bisa mengambil di supplier lain.

Pertimbangkan dengan baik supplier yang Anda pilih dari segi barang yang ditawarkan hingga ongkos pengiriman ke tempat anda.

Tidak hanya itu, kelengkapan dan stok barang di supplier juga perlu Anda perhatikan ya. Supaya ketika Anda ingin membeli dalam jumlah yang banyak, mereka memiliki stok yang cukup.

5. Menentukan harga jual produk

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah menentukan harga jual suatu produk bisa dihitung dari berapa banyak bahan yang digunakan untuk satu produk. Hitung dulu harga kotor produk, dari situ Anda bisa tambahkan dengan keuntungan yang ingin didapatkan. Hasil penggabungan dari keduanya itulah yang bisa dijadikan harga jual.

Tapi jika Anda mempunyai cara lain dalam menentukan harga jual bisa diterapkan ya. Salah satunya dengan melihat harga kompetitor. Sesuaikan harga jual dengan kualitas yang Anda berikan. Jangan hanya memberikan harga tinggi namun kualitas tidak baik.

Menentukan harga jual juga bisa ditentukan melalui biaya-biaya operasional selama pembuatan produk atau mendatangkan produk.

6. Mencari lokasi jualan

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah Mencari lokasi jualan. Saat ini sudah banyak sekali platform yang tersedia untuk memasarkan produk seperti Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp juga bisa digunakan untuk berjualan. Tidak ketinggalan beberapa marketplace yang digunakan para pembisnis untuk memasarkan produknya.

Atau jika Anda berkeinginan untuk membuat website sendiri juga bisa. Banyak jasa yang bisa dipilih untuk membuatkan website bisnis anda.

7. Melakukan promosi produk jualan sesering mungkin

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah Melakukan promosi produk jualan sesering mungkin. Karena bisnis anda terbilang baru, untuk itu jangan malu untuk terus melakukan promosi dan iklan di sosial media supaya produk anda lebih dikenal.

Membuat konten dengan rajin untuk mengenalkan produk jualan anda. Kalaupun Anda ternyata tidak sempat mengiklankan sendiri produk anda, ada pilihan lain yaitu membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store.

8. Mengelola arus kas keuangan

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah Mengelola arus kas keuangan. Dalam bisnis online, keuangan mungkin akan semakin sulit untuk dihitung karena sifatnya transparan. Keuangan dari konsumen masuk ke rekening ataupun e-wallet anda.Untuk itu penting sekali mengelola kas dengan baik.

Mengelola kas juga meliputi pembelian barang di supplier, menaikan harga jual misalnya, menentukan berapa anggaran promosi yang digunakan, serta biaya operasional.

Buatlah petty cash untuk memudahkan Anda mengatur keuangan. Dengan adanya petty cash, Anda bisa mengatur dan melihat pengeluaran yang masuk.

9. Melakukan evaluasi serta mengkaji ulang strategi jualan

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah Melakukan evaluasi serta mengkaji ulang strategi jualan. Dalam berbisnis terutama jualan online, Anda harus sering melakukan evaluasi nantinya dengan performa toko, promosi dan juga produk yang dijual. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa meningkatkan kualitas toko agar lebih baik lagi.

Evaluasi yang dilakukan juga untuk mengantisipasi adanya hal-hal tidak berguna yang harus segera diatasi. Anda bisa lakukan evaluasi secara rutin baik mingguan atau bulanan.

10. Tetap semangat

Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula selanjutnya adalah anda harus Tetap semangat. Dalam memulai bisnis dan jualan online terutama pemula, rasa bosan dan tidak percaya diri, atau hilang semangat pasti ada. Namun jangan jadikan itu semua berlarut-larut ya. Bisnis yang masih baru dibangun butuh sekali evaluasi dan promosi yang rutin, sehingga Anda harus tetap semangat.

Jangan berkecil hati ketika produk anda belum dilirik oleh konsumen, dengan terus memperbaiki kualitas produk, promosi rutin, pelan-pelan produk anda akan dikenal banyak orang.

Demikianlah penjelasan tentang Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula yang bisa dilakukan supaya bisnis tetap jalan dengan baik dan laris manis.