Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Penjualan Online

Strategi Penjualan OnlineDengan berkembangnya teknologi internet, tak bisa dimungkiri, telah mengubah sebagian besar cara hidup sehari-hari. Jika sebelumnya lebih sering berbelanja langsung ke toko, sekarang ada online shop yang siap sedia setiap saat sebagai tempat untuk berbelanja secara online.
strategi yang bisa Anda terapkan guna mendongkrak penjualan Anda. Jangan lupa, apabila strategi pemasaran bisnis online di atas dapat berjalan dengan baik dan Anda kebanjiran pesanan,

Bagi para pepenjualan , mempraktikkan strategi penjualan online yang baik tentu menjadi hal yang wajib dilakukan setelah melihat tren membeli secara online saat ini.

Dalam memasarkan produk, baik secara offline maupun online, strategi penjualan tetap lah suatu hal yang penting. Dengan strategi yang tepat, penjualan produk maupun jasa pun akan semakin bisa dimaksimalkan.

Strategi Penjualan Online

Untuk memaksimalkan penjualan secara online, berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam penjualan online.

1. Buat situs online shop di halaman pertama pencarian

Akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda bisa membuat situs online shop yang mana bisa berada di urutan pertama mesin pencarian.

Selain memudahkan bertemu dengan pelanggan baru, hal ini tentu dapat meningkatkan citra usaha yang sedang dijalani tersebut.

Untuk penjualan yang satu ini, Anda bisa menyewa jasa SEO atau search engine optimization yang bisa membantu untuk meningkatkan ranking situs toko online. Saat ini ada cukup banyak yang menyediakan jasa tersebut. Yang dibutuhkan hanya mencari yang sudah berpengalaman, dapat dipercaya dan memberikan hasil yang nyata.

2. Maksimalkan jaringan dan relasi

Dalam penjualan , memiliki jaringan yang luas adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, Anda bisa menggencarkan strategi penjualan online dengan menawarkan barang atau jasa yang ada dalam jangkauan yang luas. Kesempatan untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik dengan barang atau jasa tersebut pun semakin banyak.

Untuk membangun jaringan yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Tidak hanya itu, pengusaha online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal penjualan secara online.

Dalam hal ini, Anda harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk yang dijual. Contohnya, Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar Anda.

3. Tambahkan konten marketing yang menarik

Bukan melulu menjual barang atau jasa yang dimiliki saja, Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Media penjualan ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan penjualan yang dijalani.

Misalnya, jika Anda menjual produk-produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari.

Hal ini sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan setia agar tidak bosan untuk berkunjung ke toko online Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya, Anda juga tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak lain yang menawarkan jasa pembuat konten untuk website. Jadi, Anda bisa mencari yang terbaik di luar sana untuk bekerja sama.

4. Maksimalkan penggunaan digital marketing

Integrated digital marketing dalam sebuah penjualan layaknya seperti efek bola salju. Bola salju yang awalnya tidak seberapa akan menjadi semakin besar ketika ia menggelinding semakin jauh. Dalam penjualan , fenomena ini dijadikan sebuah teknik memulai usaha dari kecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun kecil, penjualan yang Anda kerjakan bisa jadi besar selama Anda telaten dalam menjalankan penjualan tersebut. Rencana penjualan dengan pola ini berarti Anda membuat suatu hal kecil untuk sebuah tujuan jangka panjang.

Jadi, strategi penjualan online yang dikerjakan harus terintegrasi satu sama lain dan mengarah pada goal atau tujuan akhir usaha.

5. Pahami tren dan platform yang digunakan

Menjadi seorang pepenjualan artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. apalagi mengingat penggunaan media sosial sangatlah penting dalam penjualan . Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi penjualan online Anda semakin baik.

6. Miliki target sebagai landasan awal

Dalam penjualan , target penjualan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk selalu memetakan target pasar untuk waktu tertentu. Strategi penjualan online ini dilakukan karena tidak semua orang menginginkan atau membutuhkan produk yang dijual.

Jadi, milikilah target pasar tertentu. Bidik kalangan tertentu saja yang akhirnya akan membuatmu lebih mudah dalam memilih strategi penjualan yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal.

Misalnya, target pasar Anda adalah kalangan muda maka buatlah penjualan yang terkesan gaul dan tidak ketinggalan zaman.

7. Manfaatkan Facebook Marketing untuk pasang iklan

Ini dia strategi penjualan online yang selanjutnya. Meski bermunculan banyak media sosial lain, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak dipakai para pelanggan berbagai kalangan dan usia. Oleh karena itu, Facebook tetap menjadi pasar yang potensial dalam penjualan online.

Mengetahui fakta tersebut, jangan remehkan keberadaan Facebook dan aktiflah untuk memasarkan produk yang ingin dijual di media sosial satu ini agar penjualan pun bisa semakin bertambah.

8. Bergabunglah dengan marketplace

Selanjutnya adalah untuk bergabung dengan marketplace atau e-commerce. Saat ini bukan rahasia lagi jika penjualan online sudah semakin menjamur. Namun, sayangnya ada pihak-pihak tertentu yang melakukan penipuan dengan kedok online shop.

Untuk membuat para pelanggan tidak takut untuk berbelanja online, bergabung dengan e-commerce atau marketplace bisa menjadi sebuah jalan yang tepat. Salah satu alasan yang membuat para pemilik usaha ingin membuat toko online sendiri di marketplace adalah karena pembayaran yang lebih aman karena adanya pihak ketiga yang bertanggung jawab.

Dengan bergabung ke marketplace atau e-commerce, Anda juga berkesempatan untuk bertemu para pelanggan baru yang mencari produk yang sesuai dengan deskripsi produk yang dimiliki. Hal ini pun bisa meningkatkan citra produk Anda di masyarakat.

9. Coba strategi penjualan dengan Google Adwords

Jika Anda ingin memanfaatkan mesin pencari Google, cobalah Google AdWords. Nyatanya para konsumen online saat ini kebanyakan akan mencari review dan memulai pencarian produk yang dibutuhkan melalui Google.

Karena itu, Google AdWords menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat karena untuk keyword, lokasi, atau topik tertentu yang dicari oleh pengunjung, jika itu berkaitan dengan penjualan Anda, maka iklan penjualan yang dimiliki akan keluar di halaman teratas mesin pencarian Google.

Demikianlah strategi yang bisa Anda terapkan guna mendongkrak penjualan Anda. Jangan lupa, apabila strategi penjualan online di atas dapat berjalan dengan baik dan Anda kebanjiran pesanan, tentu Anda membutuhkan teknologi yang dapat memudahkan pencatatannya.