Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Pemasaran Online Yang Tepat

Strategi Pemasaran Online Yang TepatPemasaran Online atau Digital Marketing ialah teknik pemasaran terkini dengan bermodalkan internet. Selain dapat menjangkau ke seluruh dunia, pemasaran online dapat dilakukan hanya di depan komputer kamu. tentunya ada strategi di dalamnya yang perlu kamu ketahui.
https://www.risetpasar.id/2022/02/strategi-pemasaran-online-yang-tepat.html

Sebelum admin blog risetpasar.id membahas mengenai strategi pemasaran online ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan pemasaran online?. Sederhananya definisi pemasaran online adalah sebuah usaha untuk memperkenalkan suatu produk ke masyarakat luas atau pelanggan melalui internet.

Sebagaimana kita ketahui bahwa, internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Maka tidak heran jika pengguna internet setiap harinya selalu mengalami kenaikan yang sangat pesat. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah peluang yang cukup baik bagi perusahaan untuk memasarkan bisnis atau produk secara lebih luas lewat internet. Terdapat beberapa strategi pemasaran online yang dapat kita coba, silakan kamu baca artikel berikut ini:

Strategi Pemasaran Online

Strategi pemasaran online sangat jauh berbeda dengan Strategi pemasaran konvensional atau offline yang hanya berputar pada itu-itu saja. Strategi pemasaran online jauh lebih luas dan lebih tepat sasaran sehingga dapat di sesuaikan dengan berbagai jenis bisnis atau produk yang ingin di jual.

Berikut ini beberapa strategi pemasaran online yang umumnya di gunakan oleh perusahaan atau perseorangan:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Hampir semua literatur yang kita baca, semua menyimpulkan bahwa SEO (Search Engine Optimization) memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menyusun sebuah strategi pemasaran bisnis secara online. Hal ini juga sering di sampaikan oleh Neil Patel, seorang profesional di bidang internet marketing dan entrepreneur. 

Melalui konten yang sudah di optimasi dengan teknik SEO akan membuat produk atau bisnis kamu lebih mudah menjangkau dan di jangkau oleh para konsumen. Melalui teknik SEO juga produk yang di akan dipasarkan juga jadi jauh lebih tertarget dengan audience yang potensial, sehingga konversi yang terjadi akan jadi lebih besar.

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan banyak konsumen. Berbeda halnya dengan SEO, dengan SEM sangat memungkinkan kamu untuk langsung menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian. 

Namun tentunya membutuhkan biaya untuk menerapkan strategi marketing model ini. Biaya juga sangat di pengaruhi dengan kata kunci yang ingin di targetkan. Satu kesamaan yang di miliki oleh SEO dan SEM adalah target pasar yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan bisnis atau produk ingin kamu promosikan diera serba digital sekarang ini.

3. SMM (Social Media Marketing)

Kondisi seperti sekarang ini, kekuatan sebuah jejaring sosial dapat menjadi media strategi pemasaran online sudah tidak perlu di pertanyakan lagi. Namun penting untuk di pertimbangkan menggunakan platform sosial media yang sesuai dengan bisnis atau produk yang ingin anda tawarkan. 

Beberapa sosial media yang sangat sering di gunakan untuk mempromosikan suatu produk seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Selain memilih platform yang tepat, kamu juga membutuhkan strategi content marketing yang baik agar agar konten yang anda promosikan kepada target marketing dapat relevan dan memberikan manfaat bagi mereka.

4. Pay Per Click (PPC)

Strategi pemasaran online ini terdengar mirip dengan SEM, tapi ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC kepada audience-nya. Sehingga tidak selalu menggunakan mesin pencari seperti Google, yahoo dan Bing. Sejauh ini platform periklanan yang paling populer dan banyak di gunakan adalah Google AdWords, Instagram Ads dan juga Facebook Ans.

5. Affiliate Marketing

Strategi pemasaran online dengan menggunakan jasa orang lain untuk melakukan promosi produk kita disebut juga dengan istilah affiliate marketing jika kamu telah melakukan kerjasama dengan pebisnis lain untuk memasarkan produk kamu dengan membagi keuntungan yang di dapatkan. 

Sebagai contoh saja kamu bekerjasama dengan para Blogger atau Youtuber. Sebelumnya kamu harus membuat sebuah URL atau tautan unik dan nantinya di sisipkan pada artikel atau description box pada YouTube. Tentu saja Blogger atau YouTuber yang menjalin kerjasama degan kamu harus memperkenal produk atau bisnis kamu.

Nantinya jika ada pengguna yang mengklik URL atau tautan tersebut akan langsung mengarah ke website kamu. Jika ada pengguna yang melakukan pembelian atau setidaknya terjadi konversi maka Blogger atau Youtuber yang menjalin kerjasama dengan kamu juga akan mendapatkan sebagian keuntungan.

Bagaimanapun strategi pemasaran online yang kamu terapkan pada bisnis kamu, penting dalam rangka mengembangkan bisnis kamu seluas-luasnya. Dengan demikian maka semakin banyak orang yang mengenal bisnis atau produk kamu maka kamu pun akan semakin di untungkan.

6. Email Marketing

Strategi pemasaran online model Email Marketing sangat cocok untuk kamu yang sudah mengumpulkan database customer. Kelebihannya mereka yang sudah engage dengan bisnis kamu akan tertarik dengan produk-produk terbaru atau informasi terbaru yang kamu tawarkan lewat email. Kalian dapat menggunakan Fitur Email Blast untuk mengirim email sekaligus ke customer kamu.

7. Whatsapp Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah Whatsapp Marketing, Saat ini menjadi platform chat terpopuler karena fiturnya yang sangat simple, cepat dan mudah digunakan. whatsapp sekarang tidak hanya sebagai aplikasi chat tetapi banyak juga pebisnis menggunakannya untuk berjualan dikarenakan banyaknya orang menggunakan whatsapp. 

Whatsapp Blast merupakan salah satu cara untuk mengirim pesan sekaligus banyak tetapi ingat message yang kamu kirim sebaiknya kepada customer yang sudah pernah menghubungi kamu atau customer kamu sehingga mereka tidak merasa terganggu dengan chat yang kamu kirimkan.

Demikianlah penjelasan tentang Strategi Pemasaran Online Yang Tepat. Silakan anda coba. Semoga bermanfaat.