Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran 4p Dan Contohnya

Strategi Pemasaran 4p Dan Contohnya. Salah satu strategi pemasaran atau marketing yang bisa dipakai untuk jalannya usaha adalah strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran dengan menggunakan 4P ini bisa menjadi dasar dalam menjalankan suatu bisnis. Terutama untuk pelaku usaha kecil atau menengah yang jumlahnya semakin meningkat di Indonesia sekarang ini. Namun, sayangnya masih banyak pebisnis yang kebingungan dalam menerapkan 4P di dalam strategi pemasaran tersebut.
Strategi Pemasaran 4p Dan Contohnya

Strategi Pemasaran 4p Dan Contohnya

Admin blog risetpasar.id akan mengulas tuntas tentang Cara menerapkan atau mengaplikasikan teknik 4p secara langsung di dalam strategi pemasaran bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Tentukan Jenis Produk (Product)

P yang pertama yang dimaksud dalam istilah 4p dalam strategi pemasaran ini adalah product. Artinya Sahabat risetpasar.id harus membuat suatu produk yang diterima oleh konsumen. Caranya yaitu dengan mengembangkan suatu produk dengan baik, berkualitas, dan memberikan kepuasan pada konsumen.

Hal ini penting karena kualitas yang buruk pada suatu jenis produk, akan membuat pelanggan atau konsumen kecewa. Sahabat risetpasar.id bisa meminta saran atau masukan dari konsumen dalam membuat produk yang disukai oleh mereka.

2. Tentukan Harga (Price)

P yang Kedua yang dimaksud dalam istilah 4p dalam strategi pemasaran ini adalah price atau harga. Biasanya konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan dalam perbandingan produk yang satu dengan produk yang lainnya. Sehingga tetapkanlah harga yang tepat, sesuai dengan harga pasaran, menguntungkan, dan tidak merugikan pihak lain. Jika Sahabat risetpasar.id salah dalam menentukan harga, maka hal itu bisa berakibat juga pada konsumen.

Cara menentukan harga yang baik bisa dengan melihat dari harga pasar, atau menghitung keuntungan dan HPP (Harga Pokok Penjualan). Cara apapun bisa dilakukan dalam menentukan harga, selama harganya masih masuk akal dan memiliki standar harga pasar.

3. Pilih Lokasi atau Tempat (Place)

P yang Ketiga yang dimaksud dalam istilah 4p dalam strategi pemasaran ini adalah Lokasi atau Tempat (Place). Place atau tempat juga menjadi salah satu faktor pendukung di dalam sebuah strategi pemasaran. Maka oleh karena itu, pilihlah lokasi yang pas dan strategis dalam berjualan. Lokasi yang strategis adalah lokasi atau tempat yang paling banyak dilewati/dikunjungi banyak orang.

4. Lakukan Promosi (Promotion)

P yang terakhir yang dimasud dalam strategi pemasaran 4P adalah Promosi (Promotion). Promosi (Promotion) menjadi ujung tombak dalam memperkenalkan produk Sahabat risetpasar.id kepada masyarakat luas. Penjualan akan meningkat apabila strategi pemasaran yang diterapkan juga baik dan tepat. Kegiatan promosi ini bisa dilakukan dengan lebih mudah di era digital seperti sekarang ini, karena adanya media sosial.

Contoh penerapan 4P di dalam strategi pemasaran suatu usaha atau bisnis tertentu adalah UKM Berkah Buah Segar yang memproduksi manisan buah dalam kemasan. Cara pembuatannya adalah dengan menggunakan beberapa jenis buah tertentu yang kemudian diolah dan dikemas dengan menarik perhatian.

Kelebihan dari produk manisan buah kemasan ini adalah tidak menggunakan bahan pengawet, kaya vitamin C, dan rasanya enak dan segar. Harganya juga terjangkau untuk semua kalangan dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tempat produksinya adalah di pusat kota besar yang letaknya sangat strategis. Cara promosinya dilakukan dengan menggunakan cara digital marketing menggunakan media sosial, website dan secara offline atau konvensional.

Demikianlah ulasan tentang strategi pemasaran 4P dan contohnya. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa ada 4 komponen dalam strategi ini yang terdiri dari product, price, place, dan promotion. Setiap komponen ini harus diperhatikan dengan baik agar sasaran pemasaran bisa berjalan secara efektif. Sahabat risetpasar.id juga bisa berkonsultasi langsung dengan ahli digital marketing agar teknik pemasaran yang Sahabat risetpasar.id lakukan bisa lebih optimal.