Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riset Pasar Atau Riset Pemasaran Dilakukan Untuk Mengetahui

Apa Pengertian Riset Pasar?

Jika anda menyadari, kita memiliki kecenderungan untuk memprediksi apa yang terjadi di masa depan. Hal yang sama juga berlaku dalam dunia bisnis.

Riset pasar sebenarnya adalah salah satu strategi bisnis. Riset Pasar Atau Riset Pemasaran Dilakukan Untuk Mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagaimana Dilansir dari Investopedia, yang dimaksud dengan riset pasar adalah proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan langsung dengan pelanggan potensial.
Riset Pasar Atau Riset Pemasaran Dilakukan Untuk Mengetahui


Riset pasar sangat memungkinkan perusahaan untuk menemukan sasaran pasar dan mendapatkan saran serta umpan balik lainnya dari konsumen tentang minat mereka pada produk atau layanan yang anda pasarkan.


Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat, manusia semakin terdorong untuk melakukan prediksi-prediksi, terutama dalam hal bisnis.

Itulah fungsi dari riset pasar, yakni untuk mengetahui dan memprediksi perilaku pasar.

Apa Sajakah Tujuan Riset Pasar?

Sebagaimana penjelasan di atas, Riset Pasar Atau Riset Pemasaran Dilakukan Untuk Mengetahui perilaku pasar.

Tujuan tersebut didapatkan melalui suatu proses pengumpulan data, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Berdasarkan data tersebutlah yang nantinya digunakan untuk memprediksi apa yang diinginkan oleh konsumen.

Terdapat 4 (empat) pertanyaan yang akan terjawab ketika melakukan riset pasar.
  • Apakah produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen?
Melalui riset pasar, andaa bisa mengetahui seperti apa kebutuhan konsumen dan dapat menyesuaikannya dengan produk yang akan ditawarkan.

Anda juga dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk untuk menentukan produk seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.
  • Apakah biaya produksi dari produk tersebut sesuai dan harga jualnya dapat diterima konsumen?
Hal ini dapat dilakukan dengan pertimbangan daya saing produk. Apakah ada kompetitor yang juga membuat produk serupa?

Lalu, anda juga bisa melakukan pertimbangan daya beli konsumen. Melalui riset pasar anda akan mengetahui apakah konsumen mampu membeli produk tersebut atau tidak.
  • Bentuk promosi seperti apa yang efektif untuk menarik konsumen?
Anda harus mengetahui bentuk promosi seperti apa yang disukai oleh konsumen sehingga dapat menentukan strategi marketing produk yang sesuai.

Riset Pasar Atau Riset Pemasaran Dilakukan Untuk Mengetahui atau memiliki tujuan untuk memahami perilaku konsumen dan mengetahui apa yang disukai oleh konsumen.

Hal inilah membuat anda lebih mudah dalam menentukan strategi marketing produk yang efektif.
  • Apakah produk tersebut sesuai dengan kondisi konsumen?
Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek seperti wilayah, akses untuk mendapatkan produk tersebut, hingga budaya.

Dengan melakukan riset pasar akan memberikan anda tentang gambaran mengenai demografi konsumen.

Hal inilah yang membuat anda dapat menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan demografi konsumen.

Keempat hal inilah yang nantinya akan menentukan apakah produk yang anda pasarkan dapat diterima atau tidak oleh konsumen.