Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

 Pengertian Strategi Pemasaran

Ada banyak pendapat para ahli tentang pengertian dari strategi pemasaran, di antaranya adalah sebagai berikut:
Pengertian Strategi Pemasaran


1. Menurut Paul dan Guiltinan

Pengertian Strategi pemasaran menurut Paul dan Guiltinan, adalah suatu pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu usaha atau perusahaan. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, sasaran, dan sebagainya.

2. Menurut Tjiptono


Pengertian strategi pemasaran menurut Tjiptono, adalah suatu alat yang direncanakan dan dirancang secara fundamental. Proses perancangan ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melaksanakan pengembangan keunggulan dalam bersaing melalui suatu program khusus dalam rangka melayani pasar secara berkesinambungan.

3. Menurut Philip Kotler

Pengertian strategi pemasaran menurut Philip kotler yaitu suatu cara dimana fungsi dari pemasaran menyelenggarakan kegiatannya agar bisa mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam kegiatan penjualan pada level marketing mix.

4. Menurut Michael Baker

Pengertian strategi pemasaran menurut Michael Baker lebih sederhana. Strategi pemasaran menurut Michael yaitu suatu tujuan dasar dalam meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

5. Menurut Christian Homburg

Pengertian strategi pemasaran menurut Christian Homburg, adalah semua upaya yang dilakukan baik jangka pendek maupun panjang di bidang pemasaran.

Upaya ini berhubungan dengan analisis situasi awal strategis dari perusahaan, yang mana strategi tersebut diawali dengan perumusan. Kemudian evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan dari perusahaan atau usaha

6. Menurut David Aaker

Berbeda dengan yang lainnya, strategi pemasaran menurut David Aaker adalah suatu proses yang diawali dengan proses pemindahan lingkungan usaha, baik lingkungan internal maupun eksternal. Lalu, apa tujuannya?

Proses pemindahan ini bertujuan untuk memahami banyak aspek penting dari lingkungan eksternal. Proses pemahaman ini bertujuan agar usaha dapat bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, hukum, ekonomi, budaya dan politik.

7. Menurut Hausman dan Associates

Strategi pemasaran Menurut Hausma dan Associates, diartikan sebagai suatu desain pemasaran dalam jangka panjang yang bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan. Proses pengoptimalan ini dilakukan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran adalah serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat, sehingga dapat mencapai target pasar salah satunya produk yang ditawarkan dapat terjual dan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Namun, yang pada intinya strategi pemasaran menjawab pertanyaan tentang bagaimanakah caranya agar suatu produk yang diproduksi laku dipasaran.