Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penjualan Online

Sebagaimana diketahui bahwa, semua kegiatan atau aktifitas penjualan juga dapat dilakukan secara online, baik itu dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan produk atau barang yang akan dijual. Bahkan dengan melakukan usaha penjualan online, penjual akan bisa menjangkau calon pembeli yang lebih banyak tanpa ada batasan.
Pengertian Penjualan Online


Untuk saat ini, Penjualan online memang menarik untuk dijalankan, Lalu apa itu penjualan online?


Pengertian Penjualan Online

Yang dimaksud dengan penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan mulai dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

Berikut ini merupakan uraian dari pengertian penjualan online diatas.
  • Melakukan aktifitas penjualan
Yang dimaksud dengan Melakukan aktifitas penjualan yaitu menjalankan semua usaha penjualan, Dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan barang kepada calon pembeli.
  • Mencari Calon Pembeli
Selanjutnya, Mencari Calon Pembeli, usaha ini bisa dilakukan dengan cara iklan atau promosi dijaringan internet. Untuk iklan diinternet bisa dipilih yang berbayar atau yang gratis, hal ini dilakukan untuk memasang materi iklan atau iklan kita pada jaringan internet. Karena saat ini sudah banyak situs atau web yang menyediakan fasilitas iklan atau promosi gratis dengan jangkauan yang luas. Dan untuk hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.
  • Menawarkan Produk Atau Barang
Selanjutnya, Menawarkan Produk Atau Barang bisa dilakukan oleh penjual dengan cara memasang katalog produk atau barang yang disertai keterangan pendukungnya. Untuk hal ini diperlukan adalanya katalog online yang baik agar penjualan onlien bisa memberikan hasil yang optimal.
  • Menggunakan Jaringan Internet
Selanjutnya dengan Menggunakan Jaringan Internet. Kata internet atau jaringan internet sekarang ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, Karena saat ini jaringan internet sudah tersebar hampir diseluruh daerah. Dan jaringan internet ini sekarang sudah digunakan oleh penjual untuk melakukan serangkaian kegiatan penjualan secara online. Kata online berarti terhubung dengan jaringan internet. Dan dengan meggunakan jaringan internet ini, Penjual bisa melakukan aktifitas mencari calon pembeli sampai pada penawaran produk atau barang.

Penjualan online bisa dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya dengan menggunakan web, Web blog atau dengan facebook. Namun untuk itu penjual harus membuat atau mempunyai katalog produk online yang bisa menjual, karena pembeli akan memilih dan menentukan keputusan membeli atau tidak berdasarkan katalog produk yang ada pada jaringan internet.