Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online

Yang dimaksud dengan Pemasaran online adalah strategi yang digunakan untuk melakukan promosi suatu produk yang sangat berpengaruh pada penjualan. Karena online, maka dilakukannya pun melalui platform-platform di internet. Pemasaran online dapat dilakukan dengan iklan berbayar atau media lainnya. Tujuan pemasaran online adalah dalam rangka untuk mengenalkan produk online pada konsumen dan meningkatkan minat beli mereka.
Pengertian Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online secara lebih luas adalah praktik memanfaatkan saluran berbasis web untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan perusahaan kepada calon pelanggannya. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online termasuk email, media sosial, periklanan tampilan, optimisasi mesin pencari (SEO), dan banyak lagi. Tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau calon pelanggan melalui saluran di mana mereka menghabiskan waktu untuk membaca, mencari, berbelanja, atau bersosialisasi secara online.

Penggunaan Internet secara luas untuk bisnis dan penggunaan pribadi telah menghasilkan banyak saluran baru untuk keterlibatan periklanan dan pemasaran, termasuk yang disebutkan di atas. Terdapat banyak manfaat dan tantangan yang melekat pada pemasaran online, yang menggunakan media digital terutama untuk menarik, melibatkan, dan mengkonversi pengunjung virtual ke pelanggan.

Pemasaran online sangat berbeda jauh dari pemasaran tradisional, yang secara historis mencakup media seperti iklan cetak, billboard, televisi, dan radio.

Sebelum saluran pemasaran online muncul, biaya untuk memasarkan produk atau layanan sering kali mahal, dan secara tradisional sulit diukur. Coba anda Pikirkan kampanye iklan televisi nasional, yang diukur melalui kelompok fokus konsumen untuk menentukan tingkat kesadaran merek. Metode-metode ini juga tidak cocok untuk eksperimen terkontrol.

Era digital saat ini, siapa pun yang memiliki bisnis online (dan juga sebagian besar bisnis offline) dapat berpartisipasi dalam pemasaran online dengan membuat situs web dan membuat kampanye akuisisi pelanggan dengan biaya kecil hingga tanpa biaya. Produk dan layanan pemasaran tersebut juga memiliki kemampuan untuk bereksperimen dengan pengoptimalan untuk menyempurnakan efisiensi dan ROI kampanye mereka.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, berikut ini definisi pemasaran online menurut para ahli.

Marwan (1991)

Pengertian pemasaran online Menurut Marwan, yaitu usaha perencanaan kiat-kiat untuk menjual produk secara online. Strategi tersebut yang nantinya akan menghasilkan profit jika dilakukan dengan tepat. Faktor yang paling utama adalah kepuasan konsumen karena promosi online hanya mengandalkan visual.

Chaffey (2000)

Pengertian pemasaran online menurut Chaffey adalah segala bentuk promosi produk ataupun jasa yang dilakukan melalui internet. Penjualan online ini dapat dilakukan dengan menggunakan jasa iklan online, atau membuat toko di platform online.

Kotler (2002)

Pengertian pemasaran online Menurut Kotler ialah sebagai sebuah proses untuk melakukan penjualan online. Proses tersebut terdiri atas pembuatan, penawaran, serta penjualan produk. Baik dilakukan secaraonline atau offline, arti pemasaran sama saja. Yang membedakan hanyalah medianya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian pemasaran online baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli. Semoga bermanfaat. Salam dari kami risetpasar.id