Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Strategi Pemasaran

 Fungsi Strategi Pemasaran

Secara umum, fungsi strategi pemasaran dapat kelompokkan menjadi 4 poin utama, yaitu:
Fungsi Strategi Pemasaran


1. Meningkatkan Inovasi Pengembangan Usaha

Dengan adanya strategi pemasaran, anda bisa mengetahui kebutuhan konsumen. Mulai dari apa yang konsumen butuhkan dan inginkan saat ini hingga masa depan.

Dengan mengetahui kebutuhan konsumen ini, maka secara tidak langsung bisa memunculkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan usahamu. Produk yang terus berinovasi menjadi lebih baik, biasanya akan jauh lebih diminati oleh masyarakat.

Contoh kecilnya yaitu konsumen sebenarnya tidak perlu membeli tas setiap bulannya. Namun dengan strategi pemasaran, anda bisa memanfaatkan alasan tren tas terbaru untuk menarik minat konsumen.

Nah, dalam membuat tas dengan tren terbaru ini. Anda pastinya akan menciptakan inovasi terbaru, bukan?

2. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif

Dengan adanya strategi pemasaran, maka koordinasi tim akan lebih efektif dan terarah. Hal ini karena strategi dapat membantu mengatur tugas setiap staf di setiap divisi dalam usaha agar bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Contohnya, suatu usaha terjadi kenaikan permintaan dari konsumen. Maka adanya strategi pemasaran dapat membuat koordinasi tim yaitu antara divisi pemasaran dan produksi sehingga kebutuhan konsumen dapat tercapai dengan baik.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Dalam menjalankan suatu usaha, tujuan adalah hal penting yang harus ada sehingga usaha dapat lebih terarah dan bisa berkembang ke depannya, atau bisa dikatakan bahwa usaha tanpa tujuan tidak akan mampu berkembang.

Misalkan, anda menentukan tujuan usaha yaitu untuk mencapai target penjualan sekian persen. Maka, jika tujuan tersebut tercapai, nilai ekonomi perusahaanmu akan meningkat dan usahamu pasti akan berkembang.

Nah, berdasarkan hal inilah suatu strategi pemasaran dibutuhkan yaitu untuk menentukan tujuan perusahaan, baik itu untuk merumuskan maupun mencapai tujuan itu sendiri dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Untuk menentukan strategi pemasaran kedepannya, Anda juga dituntut untuk melaksanakan pengawasan apakah strategi yang Anda gunakan tersebut sudah efektif atau tidak terhadap pemasaran.

Secara tidak langsung, hal ini berarti strategi pemasaran juga dapat berfungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran. Contohnya, mengawasi bagaimanakah kinerja setiap tim dalam mendukung perusahaan mencapai target penjualan, dan sebagainya.

5. Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan adalah hasil akhir yang diharapkan dari implementasi sebuah strategi pemasaran.

Itu karena ketika anda memasarkan suatu produk, anda akan turut mempromosikan produk tersebut dan mengajak orang lain untuk membeli dan memakainya.

Tapi, mengajak orang membeli produk anda tak semudah kelihatannya.

Dibutuhkan strategi khusus dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti siapa target pasar anda dan siapa kompetitior anda, agar anda bisa menonjolkan fungsi atau kelebihan produk yang tepat dan bisa menjadi solusi kebutuhan konsumen.