Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen Strategi Pemasaran

 Elemen Strategi Pemasaran

Dalam strategi pemasaran, ada lima elemen yang harus anda perhatikan. Lima elemen tersebut dikenal dengan 5P yaitu Product, Price, Promotion, Place, dan People. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan kelima elemen tersebut:

1. Product (Produk)

Elemen strategi pemasaran pertama terletak pada produknya. Dalam menentukan strategi pemasaran melalui produk ini, hal-hal yang bisa anda pertimbangkan meliputi fungsi, tampilan, kualitas, hingga pengemasan dari produk tersebut.

Dalam pemilihan suatu produk, pelanggan akan mempertimbangkan kelebihan dan manfaat dari produk. Bahkan tidak jarang para pelanggan akan mencari terlebih dahulu di internet mengenai produk yang akan dibelinya.

Oleh karena itulah, sebaiknya anda benar-benar mempertimbangkan fitur utama, manfaat, hingga keinginan pelanggan terhadap produk yang akan anda tawarkan. Sehingga strategi pemasaran yang akan anda jalankan dapat berhasil kedepannya.

2. Price (Harga)

Elemen harga ini berhubungan dengan strategi yang anda gunakan dalam menetapkan harga produk maupun layanan yang akan anda tawarkan, juga entang bagaimanakah harga yang sudah anda tawarkan tersebut dapat mempengaruhi pelanggan.

Nah, dalam memutuskan harga yang akan anda tawarkan ini, anda bisa mengacu pada beberapa hal. Seperti harga jual produk di pasaran, diskon, metode pembayaran, kredit, hingga layanan lainnya. Sehingga perusahaan anda tidak merugi, namun harga tersebut masih bisa diterima oleh pembeli.

Tidak hanya itu, saat menentukan strategi penetapan harga ini, anda juga harus mempertimbangkan posisi usaha anda di pasaran saat ini.

Contohnya, anda memasarkan tas dengan kualitas terbaik, bahkan dari kulit hewan asli. Maka, harga yang anda tawarkan juga harus sesuai dengan kualitasnya.

3. Promotion (Promosi)

Strategi pemasaran erat kaitannya dengan promosi. Promosi ini merupakan segala aktivitas yang dilakukan agar usaha dapat dikenal oleh banyak orang. Promosi ini dapat berupa iklan, menambah relasi, dan sponsor.

Dalam promosi, suatu strategi pemasaran itu penting. Mengingat biaya produksi yang tidaklah rendah. Jadi sangat penting untuk menentukan apakah promosi yang anda lakukan layak atau tidak dalam meningkatkan penjualan produk anda.

4. Place (Tempat)

Elemen strategi pemasaran yang perlu anda perhatikan juga yaitu tempat. Tempat mengacu pada lokasi produk atau layanan usaha anda dilihat, dibuat, dijual, dan didistribusikan.

Dalam mempertimbangkan tempat ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dua diantaranya yaitu terjangkau, dan tidak terlalu banyak menguras biaya.

Sangat penting untuk mempertimbangkan keterjangkauan atau kemudahan akses produk tersebut terhadap pelanggan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk.

Jika ingin usahamu berkembang, maka sebaiknya anda pastikan bahwa produk tersebut tersedia bagi pelanggan pada waktu, tempat, dan jumlah yang tepat.

Tidak hanya itu, anda juga harus memperhatikan biaya yang anda butuhkan untuk tempat tersebut. Apakah sudah sesuai dengan modal usaha anda atau tidak. Jangan sampai tempat untuk usahamu menguras terlalu banyak modal usaha anda.

Karena yang terpenting dalam suatu usaha yang pertama adalah produknya.Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs di internet untuk tempat usaha anda atau di toko ritel, dan sebagainya .

5. People (Orang-orang)

Elemen strategi pemasaran terakhir yaitu orang. Orang tersebut yaitu staf atau karyawan, tenaga penjualan, dan sebagainya.

Orang ini erat kaitannya dengan sumber daya manusia untuk usahamu. Dalam menjalankan strategi usaha agar bisa memperoleh keuntungan, anda bisa merekrut karyawan yang kompeten.

Hal ini karena salah satu faktor keberhasilan suatu usaha adalah karena adanya sumber daya manusia yang kompeten. Salah satu contoh kompeten yaitu karyawan mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Sehingga pelanggan berminat untuk membeli produk anda.

Demikianlah penjelasan tentang elemen strategi pemasaran yang dikenal dengan 5P yaitu Product, Price, Promotion, Place, dan People. Semoga bermanfaat. Salam dari kami admin blog risetpasar.id