Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Pasar Online

 Cara Riset Pasar OnlineEra serba digital saat ini, internet merupakan alat yang paling efektif dan efesien dalam melakukan riset pasar; terutama karena Internet digunakan oleh konsumen dan bisnis.

Riset pasar dapat dilakukan dengan melakukan pencarian kata kunci untuk produk tertentu, menerbitkan survei atau kuesioner untuk konsumen, dan bahkan dengan membaca jurnal perdagangan dan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan dan bisnis lain. 

Meskipun metode riset pasar yang Kamu gunakan dapat bervariasi tergantung pada sifat topik yang Kamu riset, Kamu dapat menjadikan artikel ini untuk menjadi rujukan dalam mempelajari cara paling efektif untuk melakukan riset pasar online.
Cara Mudah Melakukan Riset Pasar Online


Cara Riset Pasar Online
  • Lakukan pencarian kata kunci pada produk yang Kamu cari
Dengan melakukan pencarian kata kunci pada produk yang Kamu cari akan memungkinkan Kamu untuk menentukan siapa pesaing Kamu. Pencarian kata kunci dapat dilakukan di mesin pencari Internet atau di aplikasi jejaring sosial media utama. Pergi ke mesin pencari Internet seperti Google atau Bing dan masukkan kata kunci yang terkait dengan produk yang Kamu cari. 

Misalnya, jika Kamu melakukan riset pasar untuk mendapatkan strategi untuk menjual komputer yang diperbaharui, masukkan kata kunci yang akan digunakan konsumen, seperti “penawaran terbaik untuk komputer yang diperbarui” untuk meninjau hasil yang muncul di mesin pencari. Gunakan aplikasi jejaring sosial seperti Twitter, instagram dan Facebook untuk melihat apa yang didiskusikan pengguna terkait dengan kata kunci tertentu.

Contohnya, jika Kamu ingin meninjau apa yang dikatakan pengguna tentang kupon online, buka bidang pencarian di Twitter dan masukkan frasa seperti “kupon online terbaik” dan tinjau hasil pencarian.
  • Cari nama-nama pesaing Kamu secara online
Dengan melakukan pencarian nama-nama pesaing Kamu secara online Ini akan memungkinkan Kamu untuk menentukan bagaimana pesaing Kamu memasarkan diri mereka sendiri dan siapa yang menyebutkan pesaing Kamu di situs web atau blog mereka sendiri. 

Ketikkan nama pesaing ke mesin pencari apa pun dan periksa hasil pencarian. Jika situs web atau blog tertentu memposting konten tentang pesaing Kamu, tautan ke konten mereka akan ditampilkan dalam hasil pencarian.
  • Buat survei online dan tampilkan di situs web perusahaan Kamu
Dengan membuat survei online dan tampilkan di situs web perusahaan Kamu, konsumen dan peserta lain dapat memberi Kamu umpan balik gratis melalui survei online. • Ada berbagai situs web yang memungkinkan Kamu membuat survei. Ketikkan frasa kata kunci ke mesin pencari apa pun seperti “kembangkan survei online” untuk meninjau daftar situs web yang menawarkan layanan ini. 

Masukkan pertanyaan tertutup ke dalam survei atau kuesioner dan batasi jumlah pertanyaan tidak lebih dari 25, yang akan memungkinkan peserta menyelesaikan survei dalam 7 menit atau kurang.
  • Gunakan alat web untuk membantu Kamu dengan riset pasar
Terdapat beragam alat ada di Internet yang memungkinkan Kamu melacak metrik riset pasar; seperti Google Analytics dan Alat Kata Kunci Google Adwords. • Gunakan Alat Kata Kunci Google Analytics dan Google Adwords untuk mengukur penggunaan kata kunci di situs web Kamu, dan menggunakan Google Analytics untuk meninjau metrik situs web seperti kunjungan, tampilan halaman, dan banyak lagi.
  • Tinjau data tentang perusahaan Kamu yang telah dipublikasikan oleh organisasi lain
Bergantung pada pasar tempat Kamu tinggal, Kamu mungkin dapat menemukan umpan balik konsumen dan data pemasaran tentang perusahaan Kamu di situs web pemerintah atau di jurnal perdagangan online. 

Kunjungi situs web seperti Kamar Dagang setempat, Biro Statistik Tenaga Kerja negara Kamu, situs web untuk organisasi seperti Asosiasi Bisnis Nasional, dan banyak lagi.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Riset Pasar Online. Semoga dapat menjadi rujukan bagi kamu dalam membangun bisnis online. Silakan dicoba semoga berhasil. Salam dari kami risetpasar.id