Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tahun 2022

Cara Menghasilkan Uang dari Internet. Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menghasilkan uang? Padahal saat ini terdapat banyak cara menghasilkan uang dari internet.

Selama ini orang-orang selalu berpikir cara menghasilkan uang hanya dengan bekerja kantoran. Pemikiran tersebut sudah tidak berlaku lagi di era serba digital sekarang ini.

Dengan memanfaatkan layanan internet, menghasilkan uang bisa dengan cara apapun, kapanpun dan di manapun. Pasalnya, saat ini ada sejumlah pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Hal tersebut juga didukung dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tahun 2022


Dikutip dari laman Kominfo.go.id, pengguna internet di Indonesia tahun 2021 meningkat 11 % (persen) dari tahun sebelumnya menjadi 202,6 juta pengguna.

Lantas, bagaimanakah cara menghasilkan uang dari internet? Simak penjelasan berikut ini:

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Banyak masyarakat yang melakukan pencarian di mesin pencari Google terkait cara menghasilkan uang dari internet dan cara dapat uang dari internet. Artinya, masyarakat sudah memahami bahwa internet tidak hanya digunakan sebagai media hiburan tetapi juga bisa digunakan untuk hal-hal yang produktif.

Berikut ini merupakan penjelasan tentang beberapa cara menghasilkan uang dari internet, yaitu:

1. Menjadi YouTuber

Beberapa tahun terakhir menjadi kreator konten di YouTube digunakan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan uang dari internet.

Cara dapat uang dari internet yang satu ini memang terlihat mudah karena hanya perlu membuat konten video semenarik mungkin. Padahal untuk bisa memonetisasi video YouTube tidaklah mudah.

YouTuber yang sekarang sedang berjaya, membutuhkan waktu bertahun-tahun dan konsistensi mengunggah video untuk bisa mengumpulkan banyak penonton seperti saat ini.

Oleh karenanya, pastikan video yang anda unggah selalu menyertakan kata kunci di judul video, deskripsi vide dan tag video yang relevan dengan isi kontennya.

Penghasilan YouTuber tertinggi di dunia pada tahun 2021 mencapai 54 juta dollar AS atau setara Rp 775 miliar.

2. Berjualan online

Cara menghasilkan uang dari internet lainnya, dengan cara berjualan online di e-commerce, media sosial, hingga aplikasi perpesanan. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai platform berjualan online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Facebook Marketplace, hingga WhatsApp Business.

Dengan memanfaatkan platform tersebut, seseorang bisa berjualan tanpa bertatap muka dengan pembelinya di mana hal ini dapat menghemat biaya sewa toko.

3. Menjadi dropshipper atau reseller

Cara selanjutnya memperoleh uang dari internet adalah dengan Menjadi dropshipper atau reseller. Seseorang dapat menggunakan cara menghasilkan uang dari internet ini jika tidak memiliki produk yang bisa dijual. Pasalnya, dengan menjadi dropshipper maupun reseller, seseorang hanya perlu menjual suatu produk kepada pembeli, di mana produknya diambil dari supplier.

Jadi seseorang membeli barang dari pihak ketiga untuk langsung dikirimkan kepada pelanggan. Beberapa platform e-commerce bahkan sudah menyediakan fitur dropship di aplikasinya.

4. Bergabung Menjadi Affiliate Marketer

Cara dapat uang dari internet ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online di luar negeri maupun di dalam negeri. Affiliate marketer adalah orang yang memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil dijual.

Besaran komisi yang didapatkan tergantung aturan dari si pemilik produk. Barang yang bisa dijual oleh affiliate marketer ini sangat beragam, baik berbentuk fisik maupun digital.

Affiliate marketer berbeda dengan dropship dan reseller, karena affiliate marketer bertugas menarik konsumen untuk membeli produk melalui link khusus yang berisi identitas si affiliate marketer tersebut. Dari total pembelian produk menggunakan link tersebutlah komisi affiliate marketer didapatkan.

5. Menjadi influencer

Cara dapat uang dari internet ini cukup booming beberapa tahun terakhir seiring dengan melonjaknya pengguna media sosial. Infuencer adalah orang yang bisa mempengaruhi keputusan orang lain untuk ikut membeli produk tertentu dengan cara meyakinkan konsumen melalui testimoni pribadinya terkait produk tersebut.

Namun, untuk menjadi influencer tidaklah mudah karena seseorang harus memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut di media sosialnya. Pasalnya, semakin banyak pengikut yang berpotensi melihat ulasannya, maka akan semakin mahal biaya pemasaran yang akan diterima.

Demikian, beberapa cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dijadikan referensi untuk memulai usaha. Apabila cara dapat uang dari internet di atas kurang memuaskan, ada banyak artikel yang membahas topik ini di internet. Semoga bermanfaat. Salam risetpasar.id